Menghadapi Suami Yang Selalu Selingkuh

Pernikahan & Keluarga, 30 Oktober 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustad...

Pernikahan saya sudah 8 tahun dan memiliki 2 orang anak..

Saya dan suami hidup terpisah karena suami bekerja di luar kota.. setahun yang lalu saya mengetahui suami selingkuh dan tinggal bersama selingkuhannya yang awalnya teman kerjanya.. ternyata mereka berselingkuh sudah 2 tahunan dan saya baru mengetahuinya.. hancur hati saya ketika mengetahui suami selingkuh dan berzina.. tapi saya mencoba memaafkan dan memberikan kesempatan kepada suami demi anak2...

Tapi sampai sekarangpun ternyata suami masih berhubungan dengan selingkuhannya dan tinggal bersama.. apa yang harus saya lakukan ust..

Mengapa suami susah sekali meninggalkan selingkuhannya,, apakah ada doa atau amalan agar suami bisa meninggalkan selingkuhannya.. saya takut kalau suami saya kena pelet, krn setiap kali dirumah selalu mengeluhkan kakinya sakit...

Saya tidak tahu lagi harus bagaimana dan cerita kepada siapa.. bagaimana kalau saya bercerita kepada mertua ya ust.. tp saya juga takut kalau mertua kaget dan sakit mengetahui hal ini.. saya ga mau cerita ke keluarga saya krn masih menjaga nama suami.. 

Mohon bimbingan dan pencerahannya ust.. terimakasih



-- Tata (Kudus)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Untuk menyelesaikan masalah harus dimulai denga mengetahui sebab timbulnya masalah. Jika sebab belum ditemukan, akan sulit menyelesaikan masalahnya. Apa yang menjadi penyebab sumai anda selingkuh?.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab selingkuh,antara lain:

  1. Hidup terpisah. Suami dan isteri hidup terpisah dan tinggal berlainan kota bisa memicu terjadinya perselingkuhan. Karena tempat terpisah dan tidak setiap hari bisa bertemua, hal itu akan menjadi penghalang untuk memenuhi kebutuhan lahir dan batin. Ketika suami tidak terpenuhi kebutuhannya, hal itu bisa menjadi alasan dan seban selingkuh untuk memenuhi kebutuhannya.

Sebaiknya dihindari hidup terpisah. Jika terpaksa hidup terpisah hendaknya masing-masing pasangan menjaga komitmen menjaga keutuhan keluarga. Hal yang bisa mengurangi resiko terjadinya perselingkuhan adalah pertemuan seminggu sekali atau sebulan sekali.

  1. Pihak ketiga. Dengan tidak terpenuhinya kebutuhan suami. hal itu memberi peluang masuknya pihak ketiga. Bisa jadi pihak ketiga itu hanya teman awalnya. Tapi karena setiap hari bertemu, maka keduanya menjadi akrab dan selanjutnya menjalin cinta terlarang.

Disini peran isteri untuk menguatkan mental suami sangat dibutuhkan. Isteri bisa sering menghubungi suaminya walaupun hanya dengan telepon

  1. Tidak puas dengan isteri. Ketidak puasan suami terhadap isteinya bisa juga menjadi penyebab tejadinya perselingkuhan. Ketika kepuasan didapat dari orang lain,maka dia mencaarinya kepuasan dari orang itu dan mengabaikan istei sahnya.

Berikan service terbaik kepada suami anda. agar dia tidak berpaling kepada orang lain.

  1. Sihir. Sebagian orang selingkuh karena adanya pihak ketiga yang ingin menggoda suami orang lain. Baik dengan cara biasa atau sihir. Orang yang terkena sihir merasa nyaman kepada orang lain dibandingkan kepada isterinya sendiri. Yang bisa menyelamatkan seseorang dari sihir adalah berlindung diri dari godaan setan kepada Allah dengan cara melakukan dzikir pagi dan petang. Silahkan anda mencari bacaan dzikir dan petang, lalu amalkan. insyaAllah, Allah akan melindungi suami anda dari sihir.
  2. Lain-lain.

Anda sebaiknya meneliti dan mencari penyebab suami anda selingkuh. Semoga dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa menuntaskan masalah perselingkuhan suami anda. wallah a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc