Menikah Dalam Mimpi

Aqidah, 9 November 2022

Pertanyaan:

Pada tgl 30 Okt 2022 saya bermimpi dilamar dan menikah dg teman yg lama hilang komunikasi, keesokan harinya saya wa org tsb skdar btanya kabar dan mengatakan bahwa dia sedg sakit dan ingin sgra sembuh. Dia menolak ketika hendak saya telp n jenguk. Seminggu kemudian, saya dgr kbar bhwa dia meninggal dunia 😭 dan ketika saya takziyah, saya ceritakan mimpi saya kpd kelg alm. Tyta salah satu anak kecil melihat alm saat hendak d shalatkan, sedang menikah. Apkh pnikahan dlm mimpi saya tmsuk nikah ghoib..?!



-- Isma Sary (Pamekasan)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb. 

Pernikahan dalam Islam itu adalah ibadah yang sangat mulia, yang terikat dengan aturan yang sangat jelas dan pasti. Dan keabsahan sebuah pernikan itu ditentukan oleh 5 (lima) rukun Nikah, yang apabila satu saja rukun tidak terpenuhi, maka nikah tersebut tidak sah secara hukum.

Dan 5 rukun tersebut adalah: (1) adanya calon mempelai putra yang memang halal secara syariah untuk calon istrinya, (2) adanya calon mempelai putri yang juga halal bagi calon suaminya, (3) adanya wali sah dari calon mempelahi putri, (4)adanya 2 saksi laki laki muslim yang menyaksikan proses akad nikahnya dan (5) adanya ijab qabul.

Berdasarkan hal tersebut, maka dalam agama Islam tidak ada yang disebut nikah ghoib, apalagi nikah dalam mimpi

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA