Warisan Rumah

Waris, 5 Mei 2023

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh

Maaf mau bertanya tentang pembagian harta waris bagi kami dg kondisi sbb:

1. Ibu bapak kami sudah meninggal

2. Kami ada 4 orang anak yg masih hidup yaitu 2 anak laki-laki dan 2 anak perempuan

3. Orang tua meninggalkan warisan berupa rumah yg telah dijual seharga 650 jt tetapi telah dibelikan rumah kembali seharga 520 jt. Dan sisa uangnya itu sebesar 130jt.

Pertanyaan saya:

1. Bagaimana pembagian harta warisan tersebut?  

2. Sewaktu orangtua hidup, salah satu anaknya tidak mau mengurus saat sakit dan orang tua saya pernah bilang tidak akan membagikan sepersen pun kepada saudara saya itu dan hanya membagi kepada 3 saja,hanya omongan saja dan tidak ada bukti tertulisnya, bagaimana pembagian warisannya? 

Mohon pencerahannya secara hukum Islam. Terimakasih. 

Wassalam mu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh



-- Ahmad (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Ketika seorang muslim atau muslimah meninggal, maka semua hartanya (setelah dikurangi hutang dan wasiat maksimal 1/3) secara otomatis menjadi harta warisan yang menjadi hak milik semua ahli warisnya yang hidup saat orang tersebut meninggal

Berdasarkan hal tersebut, maka kalau 2 saudara anda yang sudah meninggal tersbut meninggalnya setelah wafatnya orang tua, maka mereka tetap mendapatkan hak waris, dan kalaupun kemudian setelah itu wafat, maka hartanya menjadi warisan bagi ahli warisnya yang hidup, tetapi kalau meninggalnya saudara anda tersebut sebelum wafatnya orang tua, maka merekan tidak mendapatkan hak waris

Adapun ahli waris dari orang tua anda (kalau tidak mempunyai orang tua/ kakek anda) adalah anak anaknya dengan cara pembagian 2:1 (anak laki2 mendapatkan 2 bagian, dan anak perempuan mendapatkan 1 bagian)

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan krmudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA