Talaq

Lain-lain, 8 Mei 2023

Pertanyaan:

saya ingin bertanya perihal hukum mengucap talak saat sendirian, terkadang terlintas di hati dan pikiran mengenai talak karena seringnya baca artikel talak, saya lupa apakah itu hanya di dalam hati atau sempat terucap dan tidak yakin jika ada niat.

Saya merasa takut jangan sampai jatuh talak, karena saya pernah membaca bahwa talak berlaku walau saat sendirian dan saya tidak menginginkan itu terjadi.

kalau memang jatuh talaq. contoh kalimatnya gmn ? sukron



-- Aris (Klaten)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Apa yang anda maksud dengan “mengucapkan talak saat sendirian”? Apakah maksud anda adalah mengucapkan kata “talak” saat sendirian adalah mengucapkan kata ”talak” saja tanpa dihubungkan dengan kata lainnya, ketika anda sedang sendirian?. Jika itu yang anda lakukan, maka tidak jatuh talak, karena kata”talak” saja tidak jelas maksudnya bagi yang mendengarnya

Ataukah maksud anda adalah anda mentalak/menceraikan isteri anda saat anda sendirian? Contoh, anda berkata: ”wahai isteriku, kau aku talak/cerai. Kamu bukan isteriku lagi” saat anda sendirian di kamar dan tidak ada orang yang mengetahuinya.

Kalimat seperti diatas tidak membuat jatuh talak. Karena kalimat tersebut tidak ditujukan kepada siapapun, karena saat mengucapkan talak dia sedang sendirian, tidak ada yang diajak bicara. Wallahu a’lam bisowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc