Mau Nikah Tapi Ragu


Pertanyaan:

Assalamualaikum ustad, ijin bertanya, saya punya pasangan (pacar cewek) yg sudah dijalani selama beberapa tahun. Kita pernah melakukan hubungan zina sekali, setelah beberapa lama saya putusin pacar saya tsb karena ga yakin menikah dgnnya dan ga direstui org tua saya, mantan saya jdi depresi stelah putus, depresinya buat dia gores tangan dgn pisau dan fotonya dikirim kesaya, menangis berhari2 yg diceritain temannya, hingga hampir bunuh diri dgn minum banyak obat. Stelah itu saya suruh dia tenangkan diri dan taubat. Setelah 2 thun,saat ini mantan saya itu ngajak balikan sama saya untuk hubungan serius (nikah) karena saya ga ada dekat sama siapapun saya mau blikan lagi karena msih ada rasa dan org tua saya bilang gpp karena umur saya yg udh 30, jdi bilang gausah pilih2 lagi. Tpi saya ragu ustad, apa sifatnya ketika depresi itu akan muncul lagi stelah nikah? Dan karena awalnya ortu saya menolak tpi karena umur skarang bilang ga usah terlalu pilih2 apa akan nimbul masalah nanti ustad? Karena umur wanita lebih tua saya liat ketika diskusi egonya sperti lebih tinggi, apa itu akan jdi masalah stelah nikah ustad? Syukron



-- Putra (Jakarta)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Anda masih memiliki rasa cinta pada mantan pacar anda itu, dan orang tua anda juga meridhai anda menikah dengan pacar anda itu, walaupun asalnya mereka tidak merestui jika anda menikah dengan mantan pacar anda itu. Melihat kenyataan seperti itu, sebaiknya anda segera menikah dengan mantan pacar anda itu.

Adapun keraguan anda untuk menikah dengan mantan pacar anda itu, tidak perlu dijadikan alasan untuk tidak menikah dengannya. Karena ketakutan anda itu tidak cukup kuat untuk dijadikan alasan untuk menolak menikah dengan mantan pacar anda itu.

Depresinya dulu disebabkan anda tidak mau bertanggung jawab setelah anda menzinainya. Jika anda setelah menikah dengannya, anda menjadi laki-laki yang bertanggung jawab, insyaAllah depresinya tidak akan kembali,

Anda tidak perlu ketakutan akan masalah yang akan terjadi jika anda menikah dengan mantan pacar anda itu. Sebab masalah pernikahan akan dialami oleh semua orang yang berkeluarga. Karena itu tidak perlu anda takut dengan masalah keluarga. Karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya dan semua masalah pasti dapat diatasi. Karena Allah tidak akan membebani masalah melebihi kemampuan hambanya. Allah swt berfirman:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (QS. A; Baqarah:286)

Hadirnya sikap ragu-ragu untuk menikah itu bisa jadi cara setan menjauhkan anda dari kebaikan. Karena itu bermohonlah kepada Allah agar anda diberikan kemantapan hati untuk segera menikah melalui shalat istikharah. Semoga Allah memudahkan semua urusan anda. wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc