Uang Haram Buat Topup Game Online

Lain-lain, 24 Juli 2023

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz

Bagaimana hukumnya topup game online pakai uang haram?

Itu saja pak ustadz assalamualaikum 



-- Ridho (Medan)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Uang haram, haram hukumnya dipakai untuk topup game online atau yang lainnya. semua barang yang dimiliki oleh seorang muslim harus halal dan baik. halal cara mendapatkannya dan halal cara memakainya. Allah swt berfirman:


يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ - ١٦٨

Artinya: "Wahai manusia, makanlah sebagian (makanan) di bumi yang halal lagi baik dan janganlah mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya ia bagimu merupakan musuh yang nyata. (QS. Al Baqarah:168)

Ayat diatas pengertianya bukan hanya memerinytahkan untuk makan dari yang halal dan baik, tapi juga memerintahkan untuk memakai yang halal dan baik pada semua kebutuhan manusia. Disebutkannya “makan” secara khusus di ayat diatas, Karena keba nyakan harta untuk kebutuhan makan.

Rasululullah saw bersabda:

عن أبي بَرْزَةَ نَضْلَةَ بن عبيد الأسلمي رضي الله عنه مرفوعاً: «Ù„ا تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَومَ القِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمُرِهِ فِيمَ أَفْنَاهُ؟ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَ فَعَلَ فِيهِ؟ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ؟ وفِيمَ أَنْفَقَهُ؟ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَ أَبْلَاهُ؟

Daru Abu Barzah Naḍlah bin Ubaid Al-Aslami -raḍiyallāhu 'anhu- secara marfÅ«', (Nabi bersabda), "Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat kelak hingga ditanya tentang umurnya, untuk apa ia habiskan? Tentang ilmunya, untuk apa ia pergunakan? Tentang hartanya, dari mana ia peroleh dan untuk apa ia belanjakan? Dan tentang tubuhnya, untuk apa ia pergunakan?"  (HR. Tirmidzi)

 Demikian yang bisa disampaikan. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc