Menulis Kata Allah

Lain-lain, 7 September 2023

Pertanyaan:

Assalammualaikum ustad,

Baru² ini saya dpt video ttg cara menulis dengan benar kata "ALLAH". Kalau dari logatnya kemungkinan besar dari Malaysia

Selama ini yg saya baca dan saya menulis Allah hanya dgn 1 huruf "A" yg pertama dan kedua.

Di video tersebut dikatakan bahwa penulisan ALLAH yg benar adalah ALLAAH dengan 2 huruf A, jadi selama ini saya dan yg sering saya baca adalah ALLAH.

Yg saya mau tau, kalau memang benar dgn 2 "A" spt pada dalam al Qur'an kalau dalam kalimat, misal "Ahamdulillaah" atau Subhanallaah dan lain, apakah berdosa karena penulisan tersebut? Baik sebelum tau atau sesudah tau?

Jazakallaahu khairon katsiraa.

Trimakasih ustad.

 



-- Firman (Depok)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Allah (bahasa Arab: اللّٰه. Adalah translit baku dalam bahasa Indonesia. Dan masalah penulisan adalah perkara muamalah, bukan ibadah, yang hukum asalnya adalah mubah. Selama tidak ada yang melarangnya dalam agama. Sehingga kalau anda menulis Allah, maka tidak ada dosa, karena telah sesuai dengan aturan dalam bahasa Indonesia. Adapun dalam bahasa lain ditulis dengan cara yang berbeda maka hal itu tidak harus mengubah aturan tulisan yang ada dalam bahasa Indonesia. Karena setiap bahasa memiliki aturan yang berbeda-beda.

Adapun sebagian orang ada yang menulisnya dengan penulisan “Allaah” atau “Alloh” juga tidak mengapa. Yang penting ketika kata itu diucapkan, diucapkan dengan benar sesuai dengan bunyi bahasa arabnya. Demikian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc