Suami Sering Berkata Kasar Dalam Arti Bercanda Menurut Dia

Pernikahan & Keluarga, 7 September 2023

Pertanyaan:

Saya dan suami sudah nenikah 5 tahn, memang jauh dari kata romantis tapi kelurga kami sejalan ,suami saya sering bercanda tapi dalam artian berkata kasar, ada kata2 bercanda tapi untuk serius, tapi kadang berkata kasar untuk bercanda, baru2 ini suami saya berkata uda mati aja kamu, sya juga gak ambil pusing ustadz tapi sore nya pas lagi makan sya lagi duduk trus ke belakng mau ampil piring tapi sya lupa dg tujuan utama saya ngmbil piring, biasa ibu2 sering gitu, saya duduk lagi ke kursi meja makan, saya ngomng nah lupa mau ambil piring, trus suami sya bilang uda mati aja kamu, saat itu sya tersinggung dan saya nangis gak jadi makan, sya uda pernah jngn ngomng kaya gitu tapi gk di dengar, itu apa suami sya beneran nyuruh sya mati apa cuman sya yg terlalu ambil hati ustadz tolong pencerahnnya apa boleh sebagai suami berkata seperti itu ke istri sendiri ?



-- Surti (Palembang)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Anda sudah hidup bersama suami lima tahun, tentu waktu lima tahun bukan waktu yang singkat untuk saling mengenal watak dan kebiasaan masing-masing. Anda pasti sudah bisa membedakan mana kata yang seriu dan mana yang gurauan.Karena itu anda bisa cuek saja ketika suami anda berkata kasar, karena anda tahu bahwa itu hanyalah candaan semata.

Karena itu menurut kami, anda tidak perlu ambil pusing dengan apa yang dia katakan. Karena apa yang dia katakan tidak serius dan tidak sungguh-sungguh. Jangan- jangan anda tersinggung dan marah ketika suamia anda berkat: ”udah mati aja” disebabkan anda sedang tidak enak hati?, padahal kata-kata itu bukan hanya sekali itu saja diucapkan kepada anda dan biasanya anda  tidak ambil peduli dan cuek dengan kata-katanya.

Tenangkan hati anda dan maklumi karakter suami anda yang kurang baik itu. Berikan masukan kepadanya bahwa apa yang dia ucapkan dan sampaikan itu tidak baik untuk anda, agar dia mau mengubah sikapnya. Semoga dengan anda menegurnya, lambat laun akan menyadari bahwa apa yang dia lakukan itu tidak baik. berkata kasar kepada isteri adalah perilaku buruk sekali.

Demikian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc