Nama Samaran

Fiqih Muamalah, 31 Maret 2024

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Apa hukumnya menggunakan nama samaran di sosial media, saya sudah terlanjur berbohong ada yang chat saya di sosial media dan mengatakan nama saya samaran, apakah saya berdosa, mohon jawabannya ?



-- Eldiansyah (Kab. Bogor)

Jawaban:

Wa'alaikumusslaam wrwb.

Menggunakan nama samaran di sosial media sebenarnya boleh boleh saja, yang jadi masalah itu adalah ketika kita katakan saat ada yang bertanya: apakah itu nama anda yang sebenarnya, kemudian kita jawab dengan meng-iyakannya bahwa itu adalah nama yang sebenarnya, dan kalau yang demikian itu yang tetrjadi pada anda, maka berarti anda telah berbohong (semoga tidak demikian)

Karena sesungguhnya berbohong atau berdusta adalah perbuatan yang diharamkan dalam agama kita,

عَنْ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْد رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِيْ إِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيْقًا ، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إِلَى الْفُجُوْرِ ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا

Dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhuma, ia berkata : “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).’”

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA