Apakah Zakat Profesi = Zakat Mal?

Zakat, 30 Juli 2009

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb.
Ustadz, saya bekerja sebagai pegawai negeri. Ada beberapa pertanyaan yg ingin saya utarakan:
1) Apakah zakat profesi = zakat mal?
2) Bagaimana apabila saya mempunyai hutang, apakah menghitung zakatnya setelah dikurangi dengan hutang tsb? Atau langsung dihitung dari nilai gaji (bruto)?
3) Apakah pembayaran zakat dilakukan setahun sekali setelah mencapai haul? Atau dibayar bulanan karena gaji saya dibayar per bulan?
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya. Semoga dapat menjawab kebingungan saya selama ini.
Wassalamualaikum wr wb.

-- Hamba Allah (Sulawesi Tenggara)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

1. Secara global, zakat dalam Islam dibagi 2 (dua) : 1. zakat maal (harta kekayaan)   2. zakat nafs (zakat jiwa atau zakat fitrah), sedangkat zakat profesi adalah bagian dari zakat maal, yang diantara dasar hukumnya adalah firman Allah dalam Surat Al Baqoroh, ayat ke 267.

2. Zakat dihitung dari harta netto, setelah dikurangi kebutuhan primer dan hutang konsumtif yang jatuh tempo.

3. Zakat profesi adalah zakat yang ada pada masa Rasullah saw, karenanya dalam penetapan nishab dan kadar zakatnya yang dipakai para ulama' ialah qiyas/analogi; oleh karena dasar hukum yang dipakai ulama' untuk menghitung zakat profesi itu adalah qiyas/analogi, maka ada perbedaan pendapat  sebagai berikut ;

> Ada yang menganalogikan zakat profesi dengan emas, sehingga perhitungan zakatnya pertahun sebagaimana emas, dan zakatnya dikeluarkan setahun sekali, apabila akumulasi gaji setahun tersebut mencapai nishab emas, yaitu senilai 85 gr emas.

> Sebagian lagi ada yang menganalogikan ke zakat pertanian, sehingga zakatnya sebagaimana zakat pertanian, wajib dikeluarkan setiap panen/setiap gajian, apabila gajinya mencapai nishab pertanian, yaitu 5 watsaq atau senilai 653 kg beras.

Jadi bapak bisa saja memilih salah satu cara dari dua pendapat ulama' diatas, yaitu dengan mengeluarkan zakat setiap bulan atau setahun sekali.

Wallahu a'lam bishshawab.



-- Agung Cahyadi, MA