Belum Dikaruniai Keturunan

Pernikahan & Keluarga, 29 Oktober 2009

Pertanyaan:

Assalamualikum wr.wb
Saya menikah sudah hampir 5 tahun dan sampai sekarang pun saya belum di karuniakan seorang anak, doa sudah saya panjatkan, usaha berobat sudah saya lakukan tapi tetap saja saya belum dipercaya....
Apakah yg harus saya lakukan apa lagi kalau hati saya sedang gundah, terkadang terselip dalam hati kenapa sampai sekarang belum dipercaya?
Sekiranya doa apa atau zikir apa yg bisa menenangkan hati yg sering gundah apalagi kalau haid (bulanan wanita) datang........
Sebelum dan sesudahnya terima kasih.

-- Sofi (Bekasi)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb,

Kewajiban kita sebagai seorang manusia muslim/muslimah adalah berusaha dan berdo'a, namun pada saat yang sama, kita harus yakin bahwa yang menentukan segalanya hanyalah Allah (QS. 42:49-50), Dzat - yang tentunya - Paling Mengetahui apa yang terbaik bagi kita. dan sesungguhnya suatu yang menurut pandangan kita itu baik, belum tentu demikian menurut pandangan Allah, demikian juga sebaliknya (QS. 2 : 216).

Dengan keyakinan yang demikian, maka apabila upaya kita belum berhasil dan do'a kita belum terkabul, insya Allah, kita tidak akan terbawa dalam kesedihan yang berkepanjangan, apalagi berputus asa.

Saudariku Sofi, jangan pernah perputus asa dari rahmat Allah, tingkatkan kedekatan anda kepada Allah, dengan beribadah yang benar dan baik, dan perbanyaklah beramal kebajikan, baca Al Qur'an, do'a dan istighfar kepada Allah ( QS. 10-12 ), semoga Allah segera berkenan mengabulkan do'a anda.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA