Belum Juga Ketemu Jodoh

Pernikahan & Keluarga, 8 November 2009

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr wb.
Ustadz. Saya perempuan berusia 28 tahun. Saya mengalami goncangan jiwa karena saya belum juga menikah. InsyaAllah saya siap untuk menikah, tetapi saya belum menemukan seseorang yang hanif dalam agama yang bisa membawa saya kepada ridho Allah SWT. Selain berdo'a kita juga harus ikhtiar. Sebagai seorang perempuan, ikhtiar apa yang harus saya laksanakan dan tetap dalam jalur syar'i?

-- Dwi Hartati (Jambi)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb,

Kewajiban kita sebagai seorang manusia muslim/muslimah adalah berusaha dan berdo'a, namun pada saat yang sama, kita harus yakin bahwa yang menentukan segalanya hanyalah Allah (QS. 42:49-50), Dzat - yang tentunya - Paling Mengetahui apa yang terbaik bagi kita. dan sesungguhnya suatu yang menurut pandangan kita itu baik, belum tentu demikian menurut pandangan Allah, demikian juga sebaliknya (QS. 2 : 216).   

Dengan keyakinan yang demikian, maka apabila upaya kita belum berhasil dan do'a kita belum terkabul, insya Allah, kita tidak akan terbawa dalam kesedihan yang berkepanjangan, kegoncangan jiwa apalagi berputus asa.

Saudariku Dwi Hartati yang insya Allah dirahmati Allah, jangan pernah perputus asa dari rahmat Allah, tingkatkan kedekatan anda kepada Allah, dengan beribadah yang benar dan baik, dan perbanyaklah beramal kebajikan, baca Al Qur'an, do'a dan istighfar kepada Allah ( QS. 10-12 ), semoga Allah segera berkenan mengabulkan do'a anda.

Adapun upaya yang mesti juga anda harus lakukan, misalnya minta tolong kepada ortu, saudara, teman atau yang lain untuk mencarikan jodoh bagi anda.

Demikian, semoga Allah senantiasa berkenan membimbing kita semua kejalan yang diridhoi-Nya.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA