Imunisasi Dan Mahram Karena Susuan

Pernikahan & Keluarga, 19 Januari 2010

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr. wb.
1. Apakah benar imunisasi yang diberikan kepada anak-anak bersumber dari bahan-bahan yang haram/meragukan? Bagaimana Dewan Syariah mensikapi hal ini? Apakah ada alternatif pengganti imunisasi bila imunisasi menggunakan bahan-bahan yang haram? Mohon penjelasan.
2.Apakah sudah terpenuhi syarat mahram sususan bila seorang anak angkat telah meminum air susu dari seorang wanita (dengan diperas asinya) yang jumlah kadarnya seukuran 4 sendok makan air susu. Jazakumullah.


-- Lita (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaiumussalam wr wb,

1. Kalau bahan imunisasi yang diberikan kepada anak terbuat dari bahan yang haram, tentunya tidak boleh untuk memakainya. dan untuk itu diperlukan konfirmasi kepada ahlinya (dokter atau apoteker muslim yang terpercaya) untuk mendapatkan kepastian perihal halal atau haramnya, termasuk untuk menanyakan alternatif penggantinya, apabila terbukti bahan imunisasi tersebut terbuat dari bahan yang haram.

2. Syarat minimal seseorang itu bisa menjadi mahrom susuan ialah dengan cara menyusu kepada seorang wanita, minimal lima kali susuan (masing-masing sampai kenyang) dengan menyedot dari puting susu wanita tersebut dan bukan dengan cara diperas air susunya kemudian diminumkan dengan media gelas atau sejenisnya. Dan proses itu harus terjadi saat ia belum berumur dua tahun.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.

-- Agung Cahyadi, MA