Iri Terhadap Akhwat Lain

Aqidah, 14 Juni 2010

Pertanyaan:

Assalamualaikum. Ana adalah seorang akhwat, tapi kenapa saya sering merasakan penyakit-penyakit hati terhadap akhwat lain. Saya terkadang iri dengan akhwat yang cantik, kaya dan disukai banyak ikhwan. Astagfirullah. Tolong kasih saya obat hati. Saya sangat tidak nyaman...

-- Lilis Patimah (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alikumussalam wr wb

Alhamdulillahi Robbil 'alamin asshalat wassalamu 'ala asyrofil Murlain  wa'ala alihi wa shahbihi ajma'in.

Benar, iri dan kawan-kawannya itu adalah penyakit hati. Dan kesadaran anti bahwa itu adalah penyakit, sebetulnya sudah merupakan modal yang sangat berharga bagi kesembuhan penyakit tersebut.

Panutan kita semua, Rasulullah saw memerintahkan kepada kita semua, agar kita senantiasa berhusnuddzon (berbaik sangka) kepada Allah, bahwa semua yang ditaqdirkan untuk kita adalah yang terbaik bagi kita, karena terkadang sesuatu yang dalam pandangan kita itu buruk, justru itu adalah kebaikan bagi kita, dan sebaliknya, sesuatu yang dalam pandangan kita baik, bisa jadi justru itu adalah keburukan bagi kia (QS. 2 : 216).

Kemudian, bahwa sesungguhnya di hari akhir nanti, Allah hanya akan menerima hambanya yang bersih hatinya (bersih dari segala penyakit hati) (QS. 26 : 78-98). Oleh karenanya buanglah jauh-jauh segala penyakit hati itu dan upayakan untuk senantiasa berlapang dada. Semoga Allah berkenan untuk melapangkan jalan kita.

Wallah a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.

-- Agung Cahyadi, MA