Mengatasi Marah

Akhlaq, 13 September 2010

Pertanyaan:

Aku aga sebal. Aku sering marah tidak terkontrol. Aku marah kalau menerima kata-kata yg menyakitkan. Itu yang membuat saya marah tidak terkontrol. Bagaimana cara mengatasinya?

-- F. Sari (Ambon)

Jawaban:

Assalamu 'alaikum wr wb

Renungkan dan camkanlah firman Allah dan beberapa pesan Rasul kita Muhammad saw berikut, barangkali bermanfaat bagi anda  :

1. Dalam Al Qur'an surat Ali Imron (3) ayat ke 134, disebutkan kareakter orang bertaqwa penghuni surga, yang diantaranya ialah " ... dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain, Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan "

2. Rasulullah bersabda saw yang artinya "Bukanlah orang yang kuat itu yang menang dalam berkelai, tetapi orang yang kuat ialah orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah"

3. Rasulullah saw bersabda yang artinya "Janganlah marah, maka bagimu surga"

Marah adalah perbuatan yang dalam banyak hal tidak bermanfaat, baik bagi anda yang marah atau bagi orang yang anda marahi, maka pantaslah kalau kemudian Rasulullah saw berpesan kepada kita sebagai tersebut diatas

Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi amarah ketika itu terjadi,diantaranya :

1. berwudhulah dan segera shalat dua roka'at untuk berdo'a kepada Allah, agar Allah berkenan memberikan karunia kesabaran

2. Segera istighfar (memohon ampun kepadaAllah) dan segera berpindah posisi

3.Ingatlah yang yakini bahwa berlapang dada dengan memaafkan orang yang salah itu akan dibalas Allah dengan terampuninya dosa-dosa anda ( QS. 24 : 22)

Wallahu a'lam bishashawab

Wassalu 'alaikum wr wb

-- Agung Cahyadi, MA