Wajibkah Kami Bayar Zakat?

Zakat, 2 November 2010

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr.wb. Saya IRT kami mempunyai rumah senilai 350jtan yg karena salah perhitungan sehingga kami terpaksa mempunyai hutang 160jt, kami juga punya hutang 50jt yg kami gunakan untuk bertani dan modal usaha yg mana hasilnya kadang sangat menguntungkan. Yang akan saya tanyakan Apakah kami wajib membayar zakat sebab suami saya beranggapan hutang kami sangat banyak jadi kami tidak wajib bayar zakat tapi saya takut bilamana kami wajib membayar zakat. Mohon penjelasannya. Wassalamu'alaikum wr.wb.

-- Trisulistiani (Tegal)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb.

Rumah yang dipakai tidak terkena wajib zakat, karena salah satu syarat zakat ialah bahwa harta yang dizakati adalah harta yang berkembang/produktif atau berpotensi untuk berkembang, Dan harta yang dipakai bukan dikontrakkan atau disewakan dianngap harta yang tidak berkembang, oleh karenanya tidak terkena wajib zakat.

Kalau penghasilan suami dari usahanya itu besar dan mencapai nishab, tetapi apabila dikurangi hutang  akan mengecil sehingga kurang dari nishab, maka suami meskipun berpenghasilan tetap tidak terkena wajib zakat, karena perhitungan zakat itu dari harta netto (apabila mencapai nishab) yaitu setelah dikurangi hutang dan kebutuhan pokok.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA