Perdebatan Suami Istri

Pernikahan & Keluarga, 12 Maret 2011

Pertanyaan:

Kami sudah menikah 12 tahun dan dikaruniai 2 putra, tapi sampai sekarang kehidupan ekonomi masih amburadul. Tiga bulan ini saya menemukan sms bernada romantis antara suami dengan wanita lain, setelah saya tanya suami. Dia hanya berdalih kalau itu hanya sebuah rayuan untuk mendapatkan pinjaman uang dari si wanita tersebut. Kalau memang itu alasannya saya bisa menerima karena kami memang butuh modal, tapi sebagai istri jelas saya tersiksa tiap hari, apalagi sampai skarang uang itu tidak ada, apa saya harus tetap mempercayai suami saya? Atau sikap yang bagaimana yang harus saya lakukan?

-- Airin (Surabaya)

Jawaban:

Assalamu 'alaikum wrwb.

Tunjuan antara dari sebuah pernikahan adalah tercapainya "sakinah/kedamaian" ( QS. 30:21 ), karena hanya dalam suasana damai sajalah, suami istri itu akan dapat menata rumah tangganya dengan baik. Dan kalimat yang bisa menjadi kata kunci bagi tercapainya suasana damai tersebut adalah "komunikasi dan saling memahami".

Untuk itulah coba bangun komunikasi yang baik dengan suami, dan sampaikan dengan cara yang bijak, bahwa berhubungan dengan lawan jenis yang bukan mahrom ( apalagi dengan cara yang romantis ) dengan tujuan apapun juga huikumnya haram,karena hal tersebut akan berpotensiuntuk menjadi sarana perbuatan yang munkar.

Adapun perihal kondisi perekonomian yang belum stabil, upayakan untuk dikomunikasikan/dimusyawarahkan dengan suami untuk mencari solusi bersama dengan berusaha bersama secara maksimal dan jangan lupa untuk mendekatkan kepada Allah Dzat Yang mengatur rizqi manusia dengan beribadah yang benar dan maksimal dan senantiasa berdo'a,agar Allah segera berkenan memberikan yang terbaik.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA