Zakat Penghasilan

Zakat, 24 Maret 2011

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr. wb.

Profesi saya seorang pelaut yg mempunyai gaji pokok/bln EUR.820=Rp.9jt ditambah uang pendapatan yg lain yg semuanya di selip gaji saya EUR.1250=RP.15.250.000. Saya bekerja di kapal selama 8 bln.

Pertayaan saya:

1.Apakah saya kena wajib zakat? dan berapa yg harus saya keluarkan?

2.Kalau saya membagikan kepada saudara,sepupu itu jg di hitung zakat saya? berhubung kalau saya pulang suka bagi-bagiin sama mereka juga.

Atas penjelasannya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.



-- Syafik (Bangkalan)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb.

Ada dua pilihan yang bisa anda pilih untuk menentukan zakat provesi (menurut para ulama') ; 1. dengan cara mengeluarkan zakatnya setiap bulan ( karena dianalogikan kepada zakat pertanian ) dan 2. dengan mengeluarkannya setiap tahun (karena dianalogikan kepada zakat emas ).

Apabila memilih pilihan cara I, maka nishabnya adalah 5 wasak/ senilai dengan 653 kg beras (netto/setelah dikurangi kebutuhan pokok) dan zakatnya 2.5% ( misalnya. gaji 9 jt -kebutuhan pokok/3 jt = 6 jt, maka zakatnya adalah 2.5%X6jt.

Dan apabila memilih cara II, maka nishobya adalah 20 mitsqol/senilai dengan 85 gr emas/netto, sehingga untuk menghitung zakatnya adalah ; jumlah akumulasi gaji setahun - kebutuhan pokok setahun. apabila sisanya masih mencapai nishob (senilai 85gr emas), maka zakatnya 2.5%.

Dan zakat boleh diberikan kepada saudara sepupu, apabila mereka termasuk salah satu dari golongan yang berhak menerima zakat sebagaimana tersebut dalam QS.9:60 (fakir, miskin, amil zakat, muallaf, hamba sahaya, berhutang, fi sabilillah dan ibnu sabil).

Wallahu a'lam bishshawaab.

Wassalamu 'alaikum wrwb.

-- Agung Cahyadi, MA