Pernikahan Tanpa Restu

Pernikahan & Keluarga, 18 April 2011

Pertanyaan:

Asslmkm wr.wb. Saya gadis berusia 27 tahun saya sudah punya calon suami dan km akan melangsungkan pernikahan akan tetapi km punya kendala yaitu restu org tua,,orang tua calon suami saya tidak setuju kalau calon suami saya menikah dgn saya hanya karena fisik saya yg tidak cantik. Saya sedih dgn alasan ortu nya, akan tetapi tekat calon suami saya sdh bulat utk mnikah dgn saya. Sebenarnya saya takut krn itu artinya km melawan ortu, tapi kami saling cinta. Yang ingin saya tanyakan: bagaiman kalau kami tetap melangsungkan pernikahan ini tanpa restu orang tua, apakah kami termasuk ank durhaka? Yang pernah saya baca bahwa seorang laki-laki tdk memerlukan wali dlm pernikahan. Terima kasih, Ustadz. Mohon jawabannya.

-- Nur (Medan)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb.

Pernikahan dalam Islam harus dimaksudkan untuk mencarai kedamaian ( QS.30 :21 ), karena hanya dengan suasana damai sajalah, suami/istri akan bisa mengatur rumah tangganya dengan baik.

Dan jangan pernah berspekulasi dalam pernikahan, tetapi tetapkan calon  lebih dahulu dengan kriteria Rasulullah saw (yang baik agama dan akhlaknya), setelah mendapatkan calon dengan kriteria tersebut, lalu komunikasikan dengan keluarga besar, terutama Bapak dan Ibu  sampai mereka (khususnya bapak dan ibu) menyetujui calon anda. Setelah itu segera proses semuanya hingga akad nikahnya dan walimahnya. Dengan demikian, maka insya Allah kedamaian yang merupakan tujuan pernikahan itu akan bisa diraih.

Oleh karena itu, saran saya, janganlah melangkah lebih jauh, tetapi upayakan untuk mengkomunikasikan dengan cara yang baik, rencana nikah anda kepada keluar besar anda, khususnya bapak dan ibu, semoga Allah memberikan kemudahan dan memilihkan yang terbaik untuk anda. (anda bisa bayangkan, apa yang akan anda rasakan dikemudian hari, ketika anda harus menikah, sementara orang tua tidak meridhoi pernikahan tersebut? semoga tidak pernah terjadi)

Wallahu a'lam bishshawab

Wassalamu 'alaikum wrwb

-- Agung Cahyadi, MA