Cara Membagi

Waris, 8 Mei 2012

Pertanyaan:

Ass ww
Dengan hormat,

Saya (laki-laki) beragama islam, anak nomor 3 (tiga) dari 4 (empat) empat bersaudara, ayah dan kedua kakak saya (Nomor 1 perempuan, nomor dua laki-laki) sudah meninggal dunia. Kini tinggal ibu, saya dan adik saya (perempuan).

Almarhum kakak saya yang pertama (perempuan) mempunyai 3 (tiga) orang anak dan kakak saya yang kedua (laki-laki) juga mempunyai 3 (tiga) orang anak.

Ibu saya punya keinginan, mumpung masih hidup dan agar tidak ada masalah dibelakang hari bermaksud membagi/mewariskan beberapa bidang tanahnya untuk anak-anaknya.

Sehubungan dengan hal tersebut mohon petunjuk dari Bapak, bagaimana cara membagi /mewariskannya. Apakah kakak-kaka saya yang sudah meninggal juga diberi agar diberikan kepada anak-anaknya? dan sebagainya mohon dengan hormat petunjuk Bapak.


Terima kasih,

Salam hormat


Djauhari


-- Djauhari (Purwodadi)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb.

Harta warisan itu adalah harta peninggalan orang yang meninggal, sehingga ketka seseorang itu masih hidup, maka hartanya tidak bisa dibagi waris

Oleh karena itu, yang perlu ada kejelasan dari anda adalah : yang akan dibagi tersebut, apakah hartanya bapak yang sudah meninggal atau hartanya ibu yang masih hidup ? kalau itu hartanya bapak yang sudah meninggal, maka harta tersebut adalah harta waris yang memang harus segera dibagi kepada ahli waris. Yang jadi pertanyaan kemudian, siapa yang lebih dahulu meninggal ? bapak anda atau kakak anda ? karena kalau yang meinggal dulu adalah bapak anda sebelum kakak, maka kakak anda tetap mendapatkan hak waris dari harta peninggalan bapak, tetapi apabila yang meninggal lebih dahulu adalah kaka anda, maka kakak anda tersebut tidak mempunyai hak waris dari harta peninggalan bapak

Wallahu a'lam bishshawab

Wassalamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA