Investasi Yang Amanah

Fiqih Muamalah, 14 Februari 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustad

saya ingin menanyakan tentang amanah dalam muamalah

saya mantan pengurus Komunitas 212 MART

di dalam muamalah syariah yang di utamakan kan adalah akad, akad muamalah di awal

kita punya akad di awal dengan investor untuk investasi bikin 212 MART, dan jumlah investor banyak lebih dari 100 orang dengan nilai investasi yang berbeda, estimasi bikin mart butuh 400 juta, ketika uang baru berkumpul 300jt panitia berinisiatif memutar olah uang itu untuk upaya menambah nilainya menjadi 400jt, di buat bazar di beli barang dan di jual kemudian dapat untung kemudian diulang lagi uang itu di bisnisin biar nambah..

nah yg ingin saya tanya bagaimana hukumnya proses penggandaan uang itu karena tdk sesuai amanah akad awal bikin minimart, apakah sama kaya bank konvensional yg mengelola uang nasabah di luar akad?

jika ada keuntungan dari pengelolaan uang tadi kemana di alokasikan yg tepat penambahan modal awal atau penambahan nilai investasi dari tiap investor tadi?

not* saya peribadi tdk setuju dgn memutar uang investasi utk menambah keuntungan hingga mencapai angka 400jt dgn cara di luar akad (menghalalkan segala cara)

tolong jawaban emailkan juga ya,,,takut ga kebaca di web

 

 



-- Aqsa (Karawang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Saya setuju dengan anda, bahwa akad itu menentukan hukum, sesuai hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang kurang lebih artinya " seorang mukmin itu ter-ikat dengan syarat-syarat yang telah disepakati ".

Dan oleh karena itu, maka ketika diawal akad menghimpun dana tersebut disepakati bahwa dana yang terhimpun hanya untuk kepentingan bisnis berupa MART, maka panitia dengan tanpa meminta persetujuan kepada para investor, tidak boleh kemudian ber-inisiatif untuk memutar uang yang terhimpun tersebut dalam usaha selainusaha bisnis yang telah disepakati semula

Demikian, semoga Allah senantiasa berkenan untuk memberikan kepada kita petunjuk ke-jalan yang diridhoi-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb

 



-- Agung Cahyadi, MA