Puasa Daud Bagi Kaum Hawa

Puasa, 7 Januari 2020

Pertanyaan:

Bolehkah seorang wanita berpuasa daud?? Sedangkan puasa daud itu di lakukan selang seling sehari puasa sehari tidak, sedangkan wanita tidak bisa melakukannya seperti itu.. Ada waktu waktu tertentu wanita yang tidak boleh berpuasa seprti waktunya dia haid!!!



-- Eni Maryani (Bekasi )

Jawaban:

Assalaamu 'alaikum wrwb.

Puasa Daud adalah puasa selang-seling, yakni sehari puasa sehari tidak. Disebut Puasa Daud karena puasa ini merupakan puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.

Bagi ummat Islasm puasa Daud hukumnya sunnah sebagaimana puasa sunnah lainnya, bahkan Puasa Daud adalah puasa sunnah yang paling disukai Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

 أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا ، وَأَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ 

Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Dan sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. (HR. Bukhari)

Para ulama bersepakat mengenai sunnahnya puasa Dau bagi ummat Islam baik yang laki-laki atau yang perempuan

Adapun khusus untuk wanita yang berpuasa Daud kemudian datang padanya haidh, maka haram untuk berpuasa diwaktu ia haidh, dan apabila haidhnya telah berhenti, maka ia memulai kembali untuk ber-puasa daud kembali

Demikian, semoga Allah senantiasa berkenan untuk memberikan taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA