Puasa Daud

Puasa, 14 Januari 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb

Saya ingin bertanya tentang Puasa Daud ,jadi saya punya cerita terkait puasa Daud dimana saya mulai puasa pada hari selasa dan seharusnya puasa berikutnya pada hari kamis akan tetapi pada hari kamis saya tidak bisa bangun pada malam hari meski sudah pake alarm HP. Artinya saya hanya puasa 1 hari saja

Pertanyaan saya apakah ada Batasan minimal hari untuk puasa daud tersebut dan apakah puasa daud saya sah ?? Dan bolehkah saya melanjutkan puasa pada hari jumat ??



-- Bagus Setiaji (Pati)

Jawaban:

 Wa'alaikumussalaam wrwb,

Tidak diragukan lagi, bahwa puasa Daud adalah puasa sunnah dan dia adalah puasa terbaik setelah puasa Ramadhan

Dan bagi yang berpuasa Sunnah, apabila ia mau membatalkan sewaktu waktu, maka itu tidak ada konskwensi untuk menggantinya, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

الصَّائِمُ الْمُتَطَوِّعُ أَمِينُ نَفْسِهِ إِنْ شَاءَ صَامَ وَإِنْ شَاءَ أَفْطَرَ

“Orang yang berpuasa sunnah lebih berhak atas dirinya. Jika dia mau, dia bisa menyempurnakan (menyelesaikan) puasanya. Dan jika dia mau, dia boleh membatalkan puasanya.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Perihal masalah anda, sebetulnya untuk puasa itu tidak harus sahur dan untuk puasa sunnah niatnya boleh dilakukan mskipun sudah masuk waktu shubuh, artinya sebetulnya ketika di malam kamis yang semestinya anda sahur tetapi anda tidak bangun di malam itu, tidak berpengaruh pada puasa anda, anda bisa saja waktu untuk berpuasa hari kamis meskipun anda tidak sahur dan niatnya anda lakukan saat anda bangun.

Dan untuk selanjutnya anda bisa saja memulai kembali puasa Daud, tetapi tetap harus sesuai dengan aturannna yaitu satu hari puasa dan di hari berikutnya tidak berpuasa.

Dan in syaaAllah niat anda untuk berpuasa Daud, meskipun kemudian anda belum melaksanakan sesuai dengan aturannya, akan berpahala sesuai niat anda.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wtrwb.






-- Agung Cahyadi, MA