Perceraian


Pertanyaan:

Saya sudah pisah ranjang selama 2 tahun karena perbedaan prinsip,tetapi saya belum sah dmata hukum karena belum sampai kepengadilan..
Dia masih memberi anak" uang susu stiap bulan,tetapi hanya cukup untuk susu saja,dan dia menyuruh saya untuk mengurus perceraiannya..
Karena saya belum punya uang untuk mengurus'a maka sampai 2 tahun ini saya tidak tahu apakah saya masih sah menjadi seorang istri atau tidak?
Apa yg harus saya lakukan?

-- Astrid (Bogor)

Jawaban:

Assalaamu 'laikim wrwb.
Kalau suami telah mengucapkan kata " cerai " kepada anda, atau kalau perintah suami kepada anda untuk mengurus perceraian tersebut diniatkan suami untuk menceraikan anda, maka telah jatuh hukum " cerai " secara Islam, meskipun belum diputuskan oleh pengadilan, karena ketetapan pengadilan itu hanya bersifat formalitas, adapun hukum Islam (sahnya perceraian) telah sah semenjak suami mengatakan "cerai" kepada anda.
Dan oleh karena telah berlalu 2 tahun, dan tidak ada ruju', maka berarti anda sekarang sudah bukan lagi berstatus sebagai seorang istri.
Selanjutnya kalau anda mau ruju' dengan mantan suami, maka harus ada akad baru dengan rukun sebagaimana saat dahulu menkah
Semoga Allah berkenan untuk senantiasa memberikan kemudahan dan ridho-Nya, Wallahu a'lam bshshawaab
Wassalaamu 'alaikum wrwb.

-- Agung Cahyadi, MA