Muka Masam

Akhlaq, 24 Agustus 2013

Pertanyaan:

Assalamu"alaukum wr.wb.
Saya pernah membaca buku islami pak.. didalamnya menyebutkan. jika Allah menghendaki seseorang itu baik. maka tidak ada seorangpun yang akan mengubahnya begitupun sebaliknya. dan disitu pula disebutkan. mata /muka itu cerminan hati / cerminan pribadi seseorang. saya bermuka masam pak...murah senyum yang benar-benar tulus dari hati itu bagaimana pak memunculkannya. apa lagi ketika masalah melanda. saya juga iri melihat teman saya yang memiliki wajah cerah (auranya berseri), dari buku itu saya bertanya pada diri saya. apakah saya ini memang buruk hingga wajah saya masam..bukankah setiap kelahiran itu fitrahnya baik... mohon pak penjelasannya..

-- Sari (Hongkong)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Rasulullah sw menjelaskan dalam sebuah hadits yang shahih, bahwa setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fithrah, dan fithrah setiap manusia itu adalah Islam, karenanya kedua orang tuanya berkewajiban untuk menjaga dan mengarahkan fitrah anaknya tersebut dengan panduan ajaran agama Islam (QS. 66:6 / 30:30)

Dan dalam hadits yang lain, Rasulullah saw juga menjelaskan, bahwa Allah itu tidak melihat fisik kalian tetapi yang Dia lihat adalah hati kalian, dan inilah yang Allah jelaskan dalam Al Qur'an, bahwa ukuran kemuliaan seorang manusia disisi Allah itu adalah " ketaqwaannya " ( QS. 49:13 )

Demikian, semoga Allah berkenan untuk senantiasa membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA