Masalah Liwath

Akhlaq, 19 Januari 2015

Pertanyaan:

assalamu'alaikum ustadz saya mau bertanya apakah jika seseorang yang pernah terjerumus dalam perbuatan maaf (liwath/homo) sudah bertaubat dan ingin menikah akan diampuni? dan apakah akibat dari dosa yang dulu pernah dia lakukan kelak juga akan menimpah keluarganya/anaknya seperti (utang dosa zina)? dan bagaimana solusinya? mohon penjelasannya ustadz?
jazakumullah khoiran khatsiran

-- Hamba Allah (Yogyakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Allah adalah Dzat Yang Maha Pengampun, dan berjanji untuk mengampuni dosa hamba-Nya sebesar apapun dosa yang telah dilakukan, termasuk dosa liwath, selama hamba-nya tersebut benar-benar mau bertaubat, Allah berfirman dalam suroh ke-39 ayat ke-53 yang artinya : " `Katakanlah " Wahai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, Sesungghnya Allah mengampuni dosa-dosa semua. Sungguh Dialah Yang maha pengampun, Maha Penyayang '. Dan bahkan kalau orang yang telah bertaubat dari dosa besar tersebut melakukannya dengan benar, maka Allah akan mengganti keburukannya dengan kebaikan, Allah berfirman yang artinya : " Kecuai orang-orang yang bertaubat dan ber-iman dan mengerjakan kebajikan, maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang " ( QS. 25;70 )

Dan kemudian, bahwa dalam islam tidak ada dosa warisan, yang karenanya apabila seorang telah bertaubat dari dosa besarnya, maka insya Allah tidak berpengaruh pada anak-anaknya

Demikian, semoga Allah senantiasa berkenan untuk membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.

-- Agung Cahyadi, MA