Mau Rujuk Tapi Mertua Tidak Setuju

Lain-lain, 11 April 2019

Pertanyaan:

Assalamualaikum Pak ustad, Saya seorang istri yg pernah melakukan kesalahan dalam pernikahan , suami pernah talak 1 Saya, tapi kami melakukan hubungan suami istri Dan rujuk kembali, tapi mertua Saya tidak ridho karena kesalahan Saya dimasa lalu, bagaimana suami Saya menyikapi nya?



-- Lia (Bekasi)

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatuLLAHI wabarakaatuh.

Bu Lia yang dirahmati ALLAH SWT.

Bersyukurlah kepada ALLAH SWT, karena Anda sudah rujuk. Harus jadi pelajaran kejadian masa lalu apa penyebab perceraian. Orang baik itu bukan orang yang tidak pernah berbuat kekeliruan tetapi dia pandai dengan segera kembali kepada petunjuk ALLAH dari kesalahan yang telah dilakukan.

Maaf seharusnya orangtua memberi kesempatan dan mendorong upaya rujuk dan perbaikan keluarga anandanya. Maka suami anda harus mampu menunjukkan dan meyakinkan orantuanya akan komitmennya dan istrinya untuk menjaga keharmonisan sampai takkan terjadi talak kedua. Suami Anda harus mengutarakan dengan cara lembut dan sopan pada saat yang tepat. Dan akan lebih sempurna lagi bila Anda bisa mengakui kesalahan dan berjanji tidak mengulangi kesalahan itu dan sampaikan dengan penuh rendah hati.

Semoga ALLAH Yang Maha Menguasai hati, mempersatukan hati Anda sekeluarga.

WaLLAHU a'lam bishshawaab. 



-- Selamet Junaidi