Sholat Awal Waktu Vs Berjamaah

Sholat, 12 April 2021

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum ustads, lebih utama mana sholat awal waktu tp sendirian atau akhir/tengah waktu tp berjamaah?

Terima kasih



-- Ratna Listyani (Bogor)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Ada berbedaan pendapat antara Ulama mengenai masalah yang anda tanyakan sebagai berikut :

1). Meyakini bahwa shalat di awal waktu lebih afdhal, meskipun sendiri. Ini merupakan Al Hathab, salah satu ulama mazhab Maliki, dalam kitab Mawahib Al Jalil.

" Shalat di awal waktu sendirian, lebih afdhal dibandingkan shalat di akhir waktu secara berjemaah. Dalam Al Muqadimat, diriwayatkan Ziyad dari Imam Malik, bahwa sholat Subuh di awal waktu meskipun sendirian lebih afdhal dibandingkan sholat subuh di akhir waktu berjemaah."

2). Shalat di akhir waktu namun berjemaah lebih afdhal. Ini merupakan pendapat Imam Malik dalam riwayat lain dan Al Baji, ulama mazhab Maliki yang lain, yang tertuang dalam kitab Mawahib Al Jalil.

" Dan dinukil oleh Ibnu Arafah, dan beliau memilih sanad dari Malik bahwa mengerjakan shalat secara berjemaah di akhir waktu lebih afdhal, dari pada mengerjakannya sendirian di awal waktu. Dan ini yang ditegaskan Al Baji dalam Al Muntaqa."

3), Lebih baik melaksanakan shalat dua kali, di awal waktu sendirian dan di akhir waktu berjemaah. Ini merupakan pendapat Imam Nawawi dalam kitab Al Majmu'.

" Pendapat yang kami pilih, hendaknya dia melakukan seperti yang diperintahkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu sholat dua kali. Di awal waktu sendirian, untuk mendapatkan keutamaan awal waktu, dan shalat lagi di akhir waktu berjamaah, untuk mendapatkan keutamaan jemaah… jika hanya ingin shalat sekali, selama dia yakin bisa mendapatkan shalat jamaah di akhir waktu, maka mengakhirkan lebih afdhal, untuk mendapatkan syi’ar jemaah."

Menurut kami, jika anda bisa melakukan sebagaimana pendapat yang ketiga, maka akan lebih afdhal

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA