Mencatat Doa Lewat Note Hp

Lain-lain, 22 April 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustad saya mau tanya diperbolekan atau tidak sih ustad. saya mencatat semua doa yang mau saya baca ketika selesai sholat dri dzikir sama doa yang mau di minta ke allah. dan saya mencatatnya di hp ustad, dan stiap sholat saya berdoanya membaca smbil liat hp. karna klau tidak saya catat saya suka lupa apa yng mau saya amalkan stlh sholat dan apa yang mau saya minta, kadang blm sholat saya udh niat "klau selesai sholat amalkan doa ini yah sama minta doa ini". giliran sholat yg keiinget doanya lain ustad. mohon pencerahannya ustad, terimakasih . wasalamu'alaikum wr wb.



-- Putri Dwi Alfiani (Tangerang)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Mencatat semua doa dan membacanya dari HP mubah hukumnya, hal itu sama dengan membaca do’a dari catatan diatas kertas. Tidak ada larangan melakukannya dan juga tidak ada perintahnya.

Sebenarnya doa bisa dipanjatkan dengan bahasa apapun sesuai dengan isi atau hajat yang ingin disampaikan dan dimintakan kepada Allah swt. Kecuali doa yang ma’tsur atau doa yang diambil dari ayat Al Quran atau doa yang dicontohkan oleh Rasulullah saw, maka harus dibaca sesuai ayat Al Quran dan sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah saw.

Jika doa itu bersifat umum, maka silahkan menyampaikannya dengan bahasa yang anda mengerti, sehingga anda tidak kesulitan melakukannya dan perlu sampai mencatatnya. Doa dengan bahasa dan susunan kalimat yang dibuat sendiri lebih mudah dan meyakinkan hati, hal itu membuat kita lebih serius dan fokus saat berdoa.

Diantara sebab terkabulnya doa adalah doa yang disampaikan dengan penuh keyakinan dan kemantapan. Rasulullah saw bersabda:


“ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ، وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ“



“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah bahwa sungguh Allah biasanya tidak mengabulkan doa yang keluar dari hati yang tidak konsentrasi dan lalai”. (HR. Tirmidzy )

Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc