Istri Berani Sama Suami Dan Tak Takut Berdosa Dan Masalah Sepele Sering Dibuat Marah Meledak Ledak

Pernikahan & Keluarga, 17 November 2021

Pertanyaan:

istri sering marah dan berani sama suami dan juga sering memukul, ketika ada masalah sepele istri marahnya meledak ledak, bahkan marah sama suami di depan orang banyak dia tidak malu dan kalau di tegur dan di nasehati suami malah tidak di gubris.

padahal kami sdh menikah 20 tahun dan kejadian itu sering terjadi, kalau marah sering mengungkit ungkit masalah lama

saya sebagai suami tetap mempertahankan kelangsungan rumah tangga ini meskipun sering di pukul, ditendang dan digigit dan bahkan main tangan tetapi hati kecil saya berpikir perempuan kalau diladeni sama laki2 pasti kalah, tapi aksi membalas tidak saya lakukan saya hanya diam dan menghindar mohon solusi cara menghadapi istri seperti ini terima kasih*

 



-- DODY (Surabaya)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Untuk menluruskan karakter istri, kita harus tahu karakter wanita. Karakter wanita sebagaimana yang disabdakan Rasulullah adalah seperti tulang rusuk.:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ، فَإِنَّ المَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ، وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ، فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu bahwa Rasulullah bersabda: "Berwasiatlah (dalam kebaikan) pada wanita, karena wanita diciptakan dari tulang rusuk, dan yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah pangkalnya. Jika kamu coba meluruskan tulang rusuk yang bengkok itu, maka dia bisa patah. Namun bila kamu biarkan maka dia akan tetap bengkok. Untuk itu nasihatilah para wanita". (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada hadits diatas Rasulullah saw memberikan rahasia wanita yang harus diketahui para suami untuk meluruskan perilakunya. Bahwa wanita itu:

  1. Tercipta dari tulang rusuk. Karakter tulang rusuk itu jika dibiarkan, tidak diluruskan dia akan tetap bengkok. Karena itu anda sebagai suami tidak boleh membiarkan istri anda seperti kondisi sekarang. Tidak boleh mengalah dan pasrah. Sebab jika dibiarkan dia tidak akan berubah karakternya. Dia akan tetap pemarah dan tidak hormat kepada suaminya.
  2. Karakter tulang rusuk jika diluruskan dengan kasar dan keras, maka dia akan patah. Demikianlah wanita. Jika dia diluruskan dengan kasar dan kasar maka dia akan patah hatinya, dan patahnya itu adalah bercerai.

Memahami karakter yang demikian maka jika ingin meluruskan wanita tidak boleh dengan kasar dan keras, tapi dilakukan dengan lembut dan terus menerus. Bisa jadi awalnya dia tidak menggubris kata-kata dan nasehat yang diberikan kepadanya, tetapi lambat laun dia akan mengubah sikapnya. Disinilah dibutuhkan kesabaran dan keistiqamahan dalam meluruskan wanita.

  1. Berikan pesan atau wasiat yang baik kepada wanita. Wasiat dan pesan baik kepada istri harus diberikan pada kondisi sedang tenang, bukan pada kondisi sedang marah. Jika disampaikan dalam kondisi marah, dia akan menolak. Karena itu sampaikan nasehat dan pesan kepadanya ketika marahnya telah reda dan kondisi emosinya telah normal, sehingga otaknya bisa menangkap dengan baik.

Suami sebagai pemimpin keluarga berhak mendapatkan ketaatan dari istri dan hormat darinya. Istri yang membangkang kepada suaminya disebut istri nusyuz. Untuk mengubah perilaku nusyuznya itu, Allah memberikan tahapan merubah perilakunya itu. Allah berfirman:

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang shalih ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Mahatinggi lagi Maha-besar.” (QS. An-Nisaa’: 34)

Langkah-langkah menghadapi istri yang nusyuz atau membangkang:

  1. Memberikan nasehat.
  2. Ditinggal tidur sendirian.
  3. Dipukul dengan pukulan yang tidak menyakiti.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengubah perilaku istri anda. Anda tidak boleh mendiamkan perilakunya itu tanpa ada usaha untuk mengubahnya. Semoga Allah memudahkan usaha anda. wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc