Suami Berbohong

Akhlaq, 11 Desember 2021

Pertanyaan:

Asslamu'alaikum

Beberapa waktu yg lalu sy mendapat amanah mengelola dana umat. Dalam pelaksanaan proyek saya melibat Pak A (teman suami) . Selama ini komunikasi saya dg Pak A lewat suami saya. Tetapi tagihan2 proyek saya transfer langsung ke rek Pak A

Sampai proyek selesai suami menginfokan jumlah pelunasan 30 jt. Dan beliau minta ditransfer lewat rekeningnya. Tanpa sengaja sy membaca chat Pak A  perihal pelunasan hanya 10 jt. 

Apa yg harus saya lakukan tadz? Sy khawatir suami marah & malu karena sy membuka wa dan tahu tagihan sebenarnya

Jazakillah khoiron

Ummu Khonsa



-- Ummu Khonsa (Jakarta)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Anda tidak boleh mentranfer melebihi yang seharusnya. Dan anda sebaiknya berterus terang menolak permintaan suami anda. Anda harus berupaya untuk mendapatkan tagihan yang sebenarnya dari A. bukankah hal itu biasa dan wajar anda lakukan. Mintalah si A menyampaikan tagihan lewat HP anda langsung, sehingga anda memiliki bukti tagihan yang sebenarnya. Chat itu anda jadikan bahan untuk mengkonfimasi kepada suami anda mengenai tagihan yang sesungguhnya.

Memang bisa jadi hal itu akan beresiko anda akan dimarahi oleh suami anda, akan tetapi itu lebih ringan resikonya dibandingkan dengan resiko yang akan dihadapi di akhirat kelak dan dihadapan manusia. Bayangkan apa yang terjadi jika anda dan suami diketahui oleh ummat yang mempercayai anda mengelola uang mereka, ternyata tidak amanah. Anda dan suami hina dihadapan Allah dan dihadapan manusia, dan anda dimarahi oleh orang banyak. Hal itu sangat berat jika dibandingkan dengan hanya sekedar dimarahi oleh suami, tetapi dicintai oleh Allah karena anda teguh memegang amanah. Dan bisa jadi itu menjadi jalan kebaikan bagi suami anda untuk menyadari kesalahannya.Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc