Hukum

Akhlaq, 6 Januari 2022

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum,,

Mau tanya, bagaimana hukum anak 6 thn tidur dengan sepupunya yg lawan jenis,,tp di situ ada juga ibu dari salah satu nya?



-- Sa'diyah (Majalengka)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Anak yang belum baligh bukan mukallaf, tidak terbebani perintah dan larangan agama. Dia tidak terkena kewajiban melakukan perintah agama atau meninggalkan larangan agama. Jika dia melanggar perintah agama atau melakukan larangan agama belum berdosa. Rasulullah saw bersabda:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلاَثَةٍ: عَنِ الْمَجْنُوْنِ حَتَّى يَفِيْقَ، وَعَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَعَنِ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ.

 “Telah diangkat pena dari tiga golongan: dari orang gila sampai ia sadar, dari orang tidur hingga ia bangun, dan dari anak kecil hingga ia baligh.” (HR. Tirmidzi)

Meskipun seorang anak baru akan diberi beban perintah dan larangan setelah dia baligh, tetapi sebelum mencapai usia itu harus ada pengajaran dan pendidikan yang diberikan kepada anak. Sehingga ketika dia memasuki usia baligh, dia telah siap menerima beban perintah dan larangan. Perintah agama dikerjakan dan larangan agama ditinggalkan. Termasuk yang harus diajarkan adalah ibadah shalat yang merupakan tiang agama dan adab pergaulan dengan mahram dan non mahram. Dalam masalah ini Rasulullah saw bersabda:

مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

 “Perintahlah anak-anak kalian untuk melakukan shalat saat mereka berumur tujuh tahun, pukullah mereka (jika tidak melaksanakan shalat) saat mereka telah berumur sepuluh tahun, dan pisahlah tempat tidur di antara mereka” (HR Abu Daud)

Hadits diatas menjelaskan bahwa seorang anak harus diajari shalat sebelum usia tujuh tahun dan diperintahkan untuk menjalankannya di usia tujuh tahun dan memaksanya ketika sudah berumur sepuluh tahun. Dan ketika sepuluh tahun, anak laki-laki dan perempuan harus dipisahkan tempat tidurnya, meskipun mereka saudara kandung atau mahram. Apalagi bukan mahram harus lebih ketat memisahkan tempat tidurnya.

Sepupu bukan mahram. Mereka tidak boleh tidur bersama jika mereka telah berumur 10 tahun, mereka harus dipisah tempat tidurnya dan ruangannya. Jika ada dua sepupu yang belainan jenis dan masih berusia enam tahun dan belum baligh, mereka boleh tidur dengan sepupunya. Akan tetapi sebaiknya dilatih untuk tidak tidur bersama. Agar ketika mereka mencapai usia baligh. Lebih mudah melakukan syariat seperti yang diperintahkan agama. Secara hukum agama tidak berdosa, tapi sebaiknya dipisah tempat tidurnya sebagai bentuk latihan dan pendidikan bagi mereka. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc