Pembagian Waris Atas Bangunan Yang Di Berikan Ke Ibu

Waris, 10 Juni 2022

Pertanyaan:

Assalamualaykum, ustadz

Dl kami tinggal di sebelah rumah nenek, dimana rumah yg kami tinggali itu ada di atas tanah nenek namun rumah dibangun atas perintah nenek saat ibu masih baru menikah untuk buat rumah di situ saja. Jadi dlm satu tanah tsb ada dua bangunan utama punya nenek, dan sebelah bangunan ibu ( dibangun atas biaya dr ayah dan ibu) 

Singkat cerita nenek sudah meninggal lama, rumah tersebut ditempati oleh om ( adek nya ibu) 

Saat ini ibu sudah meninggal ( rumah kami kosongkan), saat ini seluruh saudara meminta untuk rumah tersebut di jual. 

Dan minta dibagi waris sama rata atas semua bangunan ditanah tersebut

Pertanyaanya : status rumah yg kami ( bangunan yg dibangun oleh ayah ibu itu bagaimana?) apakah menjadi  harta waris bersama oleh seluruh saudara dari ibu, sehingga misalkan seluruh rumah tersebut dijual makan pembagian sama tanpa ada perhitungan atas biaya yg dikeluarkan oleh ayah dan ibu kami? 

Mohon diberikan penjelasannya ustadz



-- Atik (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Ketika Nenek meninggal, maka seluruh tanah dan rumah yang nenek, adalah harta warisannya yang harus dibagi kepada ahli warisnya (anak-anaknya), dengan cara pembagian 2:1 (anak laki-laki mendapatkan dua bagian, dan anak mperempuan mendapatkan satu bagian). Adapun rumah yang dibangun (diatas tanah nenek) oleh kedua orang tua anda, itu bukan warisan nenek, tetapi bangunan rumah tersebut adalah warisan kedua orang tua anda yang merupakan hak ahli warisnya yaitu anak-anak dari orang tua anda saja, dengan cara pembagian 2:1

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA