Berhaji Sedangkan Umrah Yang Sebelumnya Dilakukan Belum Selesai

Haji & Umrah, 26 September 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Izin bertanya, Ustadz. Seseorang melakukan haji tamattu, setelah dia tiba di tanah suci dia langsung melaksanakan umrah dan telah selesai. Kemudian ketika dia sedang menunggu waktu hajinya, dia melakukan beberapa kali umrah untuk saudaranya yang telah meninggal. Namun pada umrah yang kedua, dia pernah tidak melakukan salah satu rukun secara sempurna yaitu tawafnya kurang dari 7 kali putaran pada salah satu umrahnya yang untuk saudaranya. Setelah itu dia melaksanakan hajinya sampai selesai dan telah membayar dam tamattu. Kemudian ketika dia tau ada rukun pada umrahnya yang terlewat sebelumnya, pembimbing pada saat itu memberi arahan untuk dia menyempurnakannya setelah berhajinya selesai. Dan dia melakukannya, yaitu menyempurnakan tawaf sampai tahalul untuk umrahnya yang belum selesai. Pertanyaannya, Apakah hajinya sah? Dan apakah umrahnya dapat disempurnakan dengan cara demikian?

 

Terima kasih, Ustadz.



-- Pandu Wibowo (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Sebetulnya umroh kedua (yang diniatkan untuk orang lain) yang dia lakukan setelah ia sendiri telah melakukan umroh pertama sebagai rangkaian ibadah hajinya yang dilakukan dengan cara tamattu', itu bukanlah umroh yang disunnahkan, karena memang tidak ada contohnya, apalagi hal tersebut dilakukan ditengah satu rangkaian ibadah (haji) yang memang belum selesai pelaksanaanya.

Dan karena itu, maka kesalahan pelaksanaan thowafnya itu tidak berpengaruh pada keabsahan ibadah hajinya, dalam arti insyaa Allah hajinya telah sah secara hukum syariat

Demikianm, semoga Allah berkenan untuk memberikan kmudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA