Kapan Seseorang Wajib Shalat?

Sholat, 14 Oktober 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, semoga ustadz dan keluarga selalu sehat dan diberi Rahmat Allah SWT.

Ustadz saya ingin bertanya, kapan seseorang wajib shalat?

Kata teman saya, orang wajib shalat pada saat sudah 8 tahun ke atas, tetapi setahu saya, orang yang wajib shalat adalah orang yang sudah baligh/mimpi basah.

Jadi ustadz, kapan seseorang wajib shalat?

Sekian ustadz, wassalamu'alaikum.



-- Nufail (Bekasi)

Jawaban:

 Wa'alaikumussalaam wrwb.

Diwajibkan atas seseorang untuk beribadah termasuk shalat, ketika terpenuhi 3 syarat, apabila satu syarat saja tidak terpenuhi, maka belum wajib atas untuk beribadah. 3 syarat tersebut adalah :

1. Beragama Islam
Persyaratan pertama ini adalah untuk membedakan seorang muslim dan non muslim. Setiap muslim diwajibkan melaksanakan perintah shalat. Sedangkan bagi non muslim tidak diwajibkan shalat.

2. Baligh
Seorang muslim yang telah mencapai pubertas atau mulai menginjak usia dewasa sudah wajib shalat. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya:  "Orang-orang yang tidak dibebankan tanggung jawab hukum ada tiga golongan yaitu orang yang tidur hingga bangun, anak kecil hingga bermimpi (baligh) dan orang gila hingga sembuh." (HR Ahmad).


Saat kewajiban shalat tiba waktunya, mereka tengah dalam keadaan terjaga, bukan dalam keadaan tertidur. Anak-anak yang belum mencapai usia baligh tidak diwajibkan melaksanakan sholat dan tidak dibebani tanggung jawab tersebut.

Namun apabila mereka ingin shalat maka tidak ada larangan bagi mereka bahkan dianjurkan. Orangtua diwajibkan memberikan pendidikan dan teladan mengenai sholat sebelum anak mencapai usia baligh. Hal ini sebagai bentuk pembelejaran dan upaya pemberian tanggung jawab.

"Ajarilah anak-anakmu sholat ketika usianya tujuh tahun." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Al Hakim).

Usia baligh ditandai dengan adanya mimpi basah bagi anak laki-laki. Sedangkan bagi anak perempuan usia baligh ditandai dengan dimulainya masa menstruasi atau haidh.

3. Berakal
Setiap muslim yang telah mencapai usia baligh pastilah sudah berakal. Berakal artinya mampu membedakan perbuatan yang baik dan buruk, perbuatan yang pantas dan tidak pantas.

Karena itu, orang gila tidak diwajibkan menjalankan ibadah shalat karena orang gila dianggap tidak berakal.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

SWassalaamu 'alaikum wrwb,



-- Agung Cahyadi, MA