Tidak Pernah Marah

Akhlaq, 29 Januari 2023

Pertanyaan:

Assalamualaikum Ustadz, saya sering dizalimi orang, tapi saya tidak pernah marah, saya terima dan ikhlas, saya berharap ketika saya dizalimi, Allah akan membalas kebaikan untuk diri saya sendiri. Apakah saya normal Ustadz? Atau karena saya terlalu sabar ketika dizalimi? Karna saya bukan orang yang pemarah, apalagi pendendam. Mohon penjelasannya Ustadz.



-- Azli (Kota Tanjung Pinang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Sifat sabar adalah sifat yang terpuji, yang Allah menjajikan bagi yang memilikinya dengan pahala yang tidak terhingga ( QS, 39:10)

Yang karenanya, apabila seorang muslim didzalimi dianjurkan untuk bersabar dalam agama dan hal itu lebih mulia lagi apabila diikuti dengan memaafkann orang yang mendzaliminya dan mendoakan agar Allah berkenan untuk mengampuni dosa dzolimnya, meskipun sesungguhnya diperbolehkan baginya mengucapkan ucapan buruk.

Allah SWT dalam Alquran Surah An-Nisa ayat 148 berfirman yang artinya : “Allah tidak menyukai perkataan buruk (yang diucapkan) secara terus terang kecuali oleh orang yang didzalimi. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui,”.

Berdasarkan hal tersebut, maka sesungguhnya apa yang selama ini anda lakukan dengan bersabar saat ada yang mendzalimi anda, maka itu bagian amal baik yang in syaa Allah berpahala

Demikian, semoga Allah berknan untuk memberikan kemudahan, tauifiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA