Takbiratul Ilham

Sholat, 21 Agustus 2023

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb 

Ustad, Saat baca takbir karena saya masbuq, saya membaca bukan Allahu Akbar....serasa Alloohu ekbar. bagaimana hukumnya? Saya masih ragu. Namun saat mau mengulang juga ragu. 

Terlebih ketika  imam salam, ada masbuq yg bermakmum dengan saya. Sempat terlintas ingin membatalkan shalat. Tapi tidak jadi karena ada masbuq yg menjadikan saya imam. Sah kah shalat saya? Pertama karena merasa bacaan takbiratul ilham keliru.

Kedua..karena ada lintasan ingin membatalkan shalat.

Kalau tidak sah,  bisakah saya mengulang di waktu lain....di luar waktu magrib dimana saya shalat saat itu. Bagaimana hukumny yg bermakmum dengan saya ..

Sebelum itu ..saya mebgula ngulang wudhu...karena ada perasaan was was.  Mohon penjelasanya ustad 

 



-- Rbi (Bdgg)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Lafadz "الله أكبر " apabila dilafadzkan dengan bahasa indonesia adalah "Allahu Akbar". namun apabila saat mengucapkannya agak dimiringkan sehingga terucp Allahu Ekbar, in syaa Allah tidak merubah maknanya, sehingga apabila itu pernah terjadi pada diri anda, in syasa Allah shalat anda tetap sah, yang karenanya yang bermakmum kepada anda setelah itu juga sah, dan itu anda tidak perlu untuk mengulang shalat anda

Was was itu adalah gangguan yang sering terjadi akibat ragu ragu, maka perangi gangguan tersebut, karena keraguan itu tidak menimbulkan hukum

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA