Lupa Pakai Hijab

Akhlaq, 8 September 2023

Pertanyaan:

Assalamualaikum saya mau tanya apa hukumnya jika perempuan lupa pakai hijab saat keluar rumah karena panik, contohnya keluarga yg bukan mahram tiba" masuk dalam rumah dan ibu lupa pakai hijab saat melihat anaknya di luar rumah dalam bahaya dan ibu nya panik langsung keluar rumah tanpa menggunakan hijab karna sudah panik. Mohon pencerahannya??



-- Afi (Luwu)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Lupa itu termasuk kesalahan yang dimaafkan, tetapi ketika kemudian ingat atau sadar, maka segera laknasakan perintah dan tinggalkan larangan, dalam hadits yang shahih/valid disebutkan :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ  عَنْهُمَـا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ اللهَ  تَـجَاوَزَ لِـيْ عَنْ أُمَّتِيْ الْـخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوْا عَلَيْهِ. حَسَنٌ رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ وَالْبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُمَـا

Dari Ibnu ‘Abbâs Radhiyallahu anhu bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla memaafkan kesalahan (yang tanpa sengaja) dan (kesalahan karena) lupa dari umatku serta kesalahan yang terpaksa dilakukan.” (HR. Ibnu Majah, Baihaqi)

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.

 



-- Agung Cahyadi, MA