Nambah Zakat

Zakat, 13 Juli 2009

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum. Ustadz saya mau tanya, saya telah menunaikan zakat saya senilai dengan nisab emas pada bulan ke-5 tahun ini. Lalu, setelah iseng saya hitung lagi ternyata saya salah hitung, zakat yang saya bayarkan kurang. Lalu saya pun kembali menuaikan kekurangan zakat saya di bulan berikutnya. Maaf, apakah cara yang saya lakukan itu diperbolehkan atau sudah sah menurut syariat?
Wassalamu'alaikum.

-- Nurdin (Surabaya)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

Seyogyanya setiap muslim menghitung seluruh hartanya secara cermat,  karena pada setiap harta itu ada hak yang harus dintunaikan, baik berupa zakat, infaq atau shadaqoh, yang apabila ada sebagian harta tersebut tidak terhitung, maka akan dapat mengurangi nilai/jumlah zakat yang semestinya ditunaikan.

Dan apa yang telah Saudara Nurdin lakukan setelah beberapa saat menunaikan zakat, dengan menghitung kembali zakat yang semestinya dikeluarkan, dan ternyata jumlah zakatnya kurang dari yang semestinya dikeluarkan, kemudian menambah kekurangan tersebut dengan memberikannya kepada yang berhak adalah perbuatan yang baik dan benar.

Semoga dikemudian hari, Allah berkenan untuk memberikan kemudahan kepada Saudara Nurdin untuk lebih cermat lagi menghitung nilai harta dan zakatnya, dan semoga Allah mencatatnya sebagai amal baik yang akan menambah beratnya timbangan kebaikan di hari akhir nanti, amiin.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA