Cara Membersihkan Najis

Thaharah, 3 Februari 2010

Pertanyaan:

1. Ustadz mau nanya apakah kalau habis kencing cara membersihkannya bagaimana?

2. Apakah harus dengan batu? atau bisa dengan sabun saja cukup?

3. Jika dalam perjalanan kita terkena najis kencing, apakah harus ganti baju? atau hanya dibersihkan dengan air bagian yang terkena kencing tersebut? (mengingat baju tersebut juga untuk sholat)

-- Bayu Aji (Jakarta)

Jawaban:

Assalamu 'alaikum wr wb.

1. Ada dua cara dalam bersuci sesudah buang air kecil atau besar ( BAK atau BAB ), yaitu : a. dengan air  atau  b. dengan batu atau sejenisnya.

Jika dengan air, maka apabila dengan menyiramnya ( najis yang ada disekitar keluarnya ) dan kita yakini bersih, maka sudah dianggap bersih secara syar'i.

Jika dengan batu, maka syaratnya sebagai berikut : a. najis belum kering  b. najis tidak berpindah ketempat lain  c. dengan tiga batu atau tiga sisinya

2. Apabila pakaian kita terkena najis dan mau mendirikan shalat, kalau bisa mencuci bagian yang terkena najis, maka dianggap telah suci dan pakaian tersebut dapat dipergunakan untuk shalat. Tetapi kalau tidak bisa membersihkan najis yang mengenai pakaian, dan mau mendirikan shalat, maka kita harus melepas pakaian tersebut dan menggantinya dengan pakaian yang suci

Demikian. Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.

-- Agung Cahyadi, MA