Tentang Ahmadiyah

Aqidah, 21 April 2008

Pertanyaan:

Assalammualaikum. wr. wb. Saya mau tanya tentang jemaah Ahmadiyah yang lagi hangat-hangatnya diperbincangkan. Mereka percaya bahwa ada nabi setelah nabi muhammad, bagaimana syahadatnya? Terus bagaimana dengan Al Quran yang diturunkan kepada nabi Muhammad? Tanggapan mereka tentang Al Quran? Karena selama ini saya belum paham dimana sesatnya ahmadiyah sampai dicekal oleh beberapa ormas islam. Terima kasih atas jawabannya.



-- Nuraini (Rengat)

Jawaban:

Wa'alaikummusalam wr wb.

Islam telah menetapkan bahwa Nabi Muhammad - shallallahu 'alaihi wa sallam - adalah penutup para rasul dan para nabi ( QS. 33:40 ), sehingga dengan demikian, kalau ada yang mengaku ia adalah seorang nabi setelah Nabi Muhammad, berarti ia adalah nabi palsu, dan karenanya yang meyakini kebenaran pengakuan nabi palsu tersebut adalah sesat.

Nah, sesatnya Ahmadiyah itu terutama pada keyakinannya bahwa ada nabi setelah nabi Muhammad -shallallahu 'alaihi wasallam - yaitu Mirza Ghulam Ahmad.

Tentang sikap mereka terhadap Al Qur'an, mereka mengakuinya sebagai kitab suci tetapi dengan menafsirkannya dengan penafsiran yang disesuaikan dengan wahyu yang mereka yakini diturunkan kepada nabi mereka ( Mirza Ghulam Ahmad ). Untuk itu, disamping mengakui Al Qur'an sebagai kitab suci, mereka juga mengakui memiliki kitab suci lain yaitu "Tadzkiroh" yang mereka yakini merupakan wahyu yang diturunkan kepada Mirza Ghulam Ahmad

Dan karena itulah, maka seluruh ulama Islam termasuk ulama di Pakistan dan India _ dimana Mirza Ghulam Ahmad lahir dan mengembangkan keyakinannya - menetapkan kesesatan Ahmadiyah.

Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA