Ragu Dengan Air Untuk Bersuci

Thaharah, 30 September 2010

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr. wb.
Ana kok ragu dengan air buat berwudhu dan mandi janabat. Awalnya ana sering berwudhu dg air yang ada di bak/ember karena air pam di rumah lagi macet dan tinggal itu air yg ada, dan ana jg sering mandi wajib dengan air yg di bak tapi air di keran terus ngucur di bak tsb. dan ana sgt yakin itu sah dan mensucikan kemarin saya sangat meragukan hal itu, bagaimana ya apa benar yg saya lakukan itu? trus hrusnya gmana? karena mandi lgsung dri keran td munkin krna kerannya pendek, wudunya sah apa ga ya?

-- Ummi Aisah (Bekasi)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

Air yang dapat dipakai untuk menghilangkan hadats kecil dan hadats besar (wudhu dan mandi) ialah air yang thahuur/suci dan mensucikan, yaitu air muthlak atau bahkan air musta'mal/yang telah terpakai yang tidak berubah salah satu sifatnya (rasanya, warnanya atau rasanya )

Dan karenanya, apabila air yang anda pakai untuk wudhu atau mandi tersebut  tetap memenuhi kriteria tersebut diatas (meskipun air tersebut sudah lama tergenang dalam bak mandi atau ember), maka air tersebut tetap dapat dipakai untuk menghilangkan hadats kecil atau hadats besar, yang karenanya anda tidak perlu ragu, insya Allah wudhu dan mandi anda  sah secara syar'i

Wallahu a'lam bishshawab.

Wa'alaikumussalam wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA