Masalah Buang Angin

Thaharah, 24 Oktober 2010

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum.

Saya mau konsultasi masalah pribadi saya. Selama ini, saya sering "ingin kentut" saat akan sholat, sedang sholat, maupun saat akan tilawah Qur'an.

Di samping itu, saya sering tidak yakin apakah saya sudah kentut atau tidak.

Saya teringat pada hadist Rasululllah SAW :

Diriwayatkan dari Abdullah bin Yazid al-Anshari ra. Ia bertanya kepada Rasulullah saw. tentang seseorang yang merasa dirinya telah buang angin ketika sedang shalat. Rasulullah saw. menjawab, “Ia tidak perlu membatalkan shalatnya kecuali apabila ia mendengar suara (buang angin) atau bau (buang angin) tercium olehnya.” (HR Bukhari)

Saya sering ragu, apakah tetap melanjutkan sholat atau wudu lagi. Kalau wudu lagi, kadang saya juga ingin kentut lagi. Dan seringnya saya kentut tetapi tidak ada suara atau bau. Apakah saya harus menunda sholat berjamaah saya?

Tentang ini, saya pernah cari di internet. Ada yang bilang harus wudu lagi dan ada yang bilang hal ini dimaklumkan karena ada kemungkinan ini adalah salah satu tipu daya setan agar sholat kita tidak khusuk.

Dulu saya sering mencoba menahan kentut sekuat tenaga. Tapi saya rasa hal ini kurang baik (makruh). Dan kadang gagal.

Dan kadang di perut tidak ada rasa ingin kentut tetapi sepertinya di permukaan dubur ada angin atau sejenisnya. Apakah itu membatalkan wudu?

Dan biasanya saat tidak melakukan ibadah mahdoh, saya jarang kentut.

Mohon saran dan solusinya. Syukron.



-- Faisal Ardhy (Cilacap)

Jawaban:

Wa'alaikumussalamwr wb.

Hadits yang anda kutib tersebut adalah hadits shahih. Dan tersebut dijadikan dasar oleh para ulama' untuk menetapkan hukum bahwa " ragu-ragu " itu tidak merubah hukum, maksudnya, jika anda telah yakin sudah berwudhu, kemudian anda ragu-ragu, apakah kentut atau tidak, maka ragu-ragu anda tersebut tidak meruban status anda dari tidak batal menjadi batal, sampai anda yakin bahwa anda telah kentut (meskipun tidak bersuara atau tidak menimbulkan bau).

Dan bisa jadi, seringnya anda ragu-ragu atau waswas tersebut bagian dari gangguan syetan, untuk itu ada baiknya anda sering berta'awwud, atau ketika mau shalat bacalah ta'awwudz (membaca " A'udzubillahi minassyaitonirrojim) kemudian meludah ringan tiga kali ke arah kiri anda.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA