Cara Bertaubat Yang Benar

Akhlaq, 14 Juni 2008

Pertanyaan:

Asalamualaikum... Pertama - tama yang ingin saya tanyakan :

1.Saya sering mengalami mimpi menangis hingga air mata tersebut benar-benar menetes. Apakah ada arti lain dari mimpi tersebut ??

2. Selain niat yang bulat, adakah cara lain yang bisa ditempuh manusia agar tidak mengulangi kesalahannya lagi??? Karena meskipun sudah berjanji untuk mengulangi, tapi dosa tersebut masih saja dilakukan !!!

Terimakasih atas penjelasannya.



-- Firli (Tangerang)

Jawaban:

Wa'alaikumssalam wr wb.

Untuk pertanyaan pertama, mohon maaf kalau kami tidak bisa menjawabnya karena kami memang tidak pernah menafsirkan mimpi dan memang tidak bisa untuk menfasirkannya.

Yang kedua, barangkali perlu kita sadari bersama bahwa sekecil apapun sebuah dosa dalam pandangan kita, maka bagi Allah hal tersebut adalah besar (QS. 24:15).

Dan untuk bertaubat dari dosa , memang tidak cukup kalau hanya sekadar dengan niat yang kuat saja, tetapi harus juga dengan menyesali perbuatan dosa tersebut, dan berjanji pada Allah untuk tidak lagi mengulang, dan itupun harus dilakukan sesegera mungkin dan semata-mata dengan niat untuk mencari ridho Allah.

Kalau taubat kita benar, dan kemudian kita berbuat baik maka Allah berjanji untuk menggantikan perbuatan buruk yang kita lakukan tersebut dengan kebaikan (QS. 25:70).

Wallahu a'lam bishowab, semoga Allah berkenan untuk mengampuni segala dosa kita dan membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Nya.

Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA