Memakai Celana Dibawah Mata Kaki

Akhlaq, 28 Juli 2008

Pertanyaan:

Ustadz, apa hukumnya memakai celana panjang hingga melebihi mata kaki? Apakah betul ada hadits Nabi yang melarang melabuhkan pakaian hingga mata kaki? Jazakumullah khairan atas jawabannya.

-- Yan Muhammad Ad (Tegal)

Jawaban:

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Memanjangkan pakaian hingga menutup mata kaki itu disebut dengan istilah "isbal", dan dalam hal ini ada beberapa hadits shahih, yang dalam memahami dan menyimpulkan hukumnya tentu tidak boleh hanya dengan mengambil satu hadits dan mengabaikan yang lainnya, tetapi harus saling mengaitkan antara satu hadits dengan yang lainnya.

Ada hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim yang menyebut "isbal" secara mutlak, dan menyebut bahwa "musbil" (orang yang memanjangkan pakaiannya hingga menutup mata kaki) termasuk salah satu dari tiga orang yang di hari kiamat tidak dilihat oleh Allah dan tidak disucikan dan akan mendapat adzab yang pedih. Tetapi ada hadits lain yang juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan lainnya yang menyebutkan bahwa yang mendapatkan ancaman tadi ialah mereka yang isbal dengan "sombong" yang dalam haditsnya disebut dengan istilah khuyala' atau bathara , maka ketika Abu Bakar berkata bahwa beliau "isbal", Rasulullah langsung bersabda pada beliau : "Sesungguhnya engkau (Abu Bakar) tidak termasuk yang melakukan hal itu dengan "sombong".

Dari itulah menurut banyak ulama, sebagaimana juga disimpulkan oleh pengarang Nailul Authar (Muhammad 'Ali Assyaukany) dalam bab "Al-libas", bahwa isbal yang dilarang ialah ketika dilakukan dengan "sombong".

Dan menurut kami, dengan memperhatikan dalil-dalil tentang isbal dan pendapat para ulama tentang isbal, maka untuk lebih mengambil sikap "hati-hati", akan lebih baik kalau kita tidak melakukan "isbal" dan mengajak saudara kita untuk tidak isbal, tetapi dengan tidak menyalahkan orang yang isbal apalagi mengingkarinya.

Semoga Allah berkenan untuk senantiasa membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Ny.

Wallahu a'lam bishowwab.

-- Agung Cahyadi, MA